Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Krama Dalam Komunikasi Sinkron Yaitu


Tata Krama Dalam Komunikasi Sinkron Yaitu

bagaimanakah tata krama komunikasi sinkron

1. bagaimanakah tata krama komunikasi sinkron


komunikasi menggunakan perangkat komputer dan Internet yang dilakukan secara serempak. mungkin tata kramanya jika dalam chatting menanyakan hal2 yang sopan tidak menyinggung agama maupun lainnya yg menyinggung..tata krama adalah tata yang berasat dari kata adat/aturan/norma sedangkan krama adalah sangat hormat.
hakekat tata krama setiap manusia dituntut untuk menaati, menghayati, dan mengamalkan segala norma yang berlaku, contoh;orang tua merasa bahagia jika anak menaati segala nasehat orang tua dan tidak membantahnya, tidak melakukan hal tercela seperti menimbulkan aib keluarga, selalu bersikap dan berbahasa lembut pada orang tua, rajin belajar, mau mebantu, tidak egois, memelihara kebersihan rumah; sekitar rumah; dan segala tempat

2. tata krama komunikasi daring sinkron


Tata krama dari kegiatan komunikasi daring sinkron yang haruslah dialkukan oleh setiap orang adalah:

Melakukan penyapaan dengan sangatlah semanga.Menatap daripada wajah lawan bicara.Tidak melakukan pembahasan daripada keburukan yang dimana dimiliki oleh orang lain.Apabila sedang batuk maka kita haruslah menutup mulut.Melakukan penggunaan berabgai macam bentuk tatanan kata yang terbilang lebih sopan.Tidak melakukan pemaksanaan terhadap apapun.Melakukan kegiatan untuk memperhatikan percakapan dengan sangatlah baikTidak berbicara untuk terlalu cepat dan juga terlalu lambatMenjaga berbagai macam bentuk dari sikap serta perilaku.Memberikan sebuah bentuk dari solusi apabila ada sebuah masalah yang hadir.Memiliki pengucapan kata yang sangatlah jujur dan tidak bertele-tele.Melakukan penulisan terhadap hal yang ingin disampaikan dengan rapih.Memperkenalkan dirinya dengan baik, sopan, dan santun.Memiliki sebuah selera humor yang dapat diselipkan.Menghargai setiap pendapat yang dimiliki oleh orang lain.Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  pengertian komunikasi daring , manfaat komunikasi daring , jenis komunikasi daring ? https://brainly.co.id/tugas/15252589

2. Materi tentang  komunikasi daring dan non daring https://brainly.co.id/tugas/3064036

3. Materi tentang  kelebihan daring komunikasi daring https://brainly.co.id/tugas/2608137

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas:  9

Mapel:  TIK

Bab:  Bab 6 - Layanan dalam Internet

Kode:  9.11.6

#TingkatkanPrestasimu


3. sebutkan tata krama dalam komunikasi sinkron


tata krama yg membahas dari visualisasi komunikasi terhadap lawan bicara baik mimik maupun intonasi


4. Sebutkan tata krama (etika) dalam komunikasi sinkron!


sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital(Karena dianggap sedang membentak atau emosi)

5. 3. Yang bukan termasuk dalam tata krama komunikasisinkron adalah ....​


Jawaban:

Sapa dengan kasar/ kurang sopantidak menatap lawan bicaramembicarakan keburukan orang lain.batuk tidak ditutup.tidak menjadi pendegar yang baik.tidak menjaga sikap dan perilakubertele-tele saat bicara.tidak memberikan solusi pada masalahtidak menghargai pendapat orang lain.

Penjelasan:


6. sebutkan tata krama dalam komunikasi daring sinkron


a. gunakanlah nama asli dan lokasi anda.
b. sebelum di mulai, cek perlengkapan audio anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara anda.
c. jika anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar anda mengganggu jalannya konferensi.
d. saat anda dipersilahkan berbicara, teruslah berbicara. jangan berhenti untuk bertanya seperti "kedengeran tidak?" atau semacamnya. jika terdapat masalah teknis, peserta lain akan menginformasikannya.
e. fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.

7. pelanggaran dalam tata krama saat berkomunikasi asinkron ataupun sinkron


tidak taat sama pimpinanjawaban nya adalah
tidak taat kepada pemimpin

8. ^' apa saja contoh tata krama komunikasi sinkron, sebutkan


Tata Karma Berkomunkasi
1. Hindari kesan memaksa
Ketika kita berkomunikasi dengan seseorang maka sebaiknya hindari kalimat yang mengandung kesan bahwa kita sedang memaksa. 
2. Fokus kepada solusi bukan masalah
Ketika berkomunikasi mengenai sesuatu yang sifatnya sebuah permasalahan maka fokuskanlah komunikasi tersebut pada hal yang menjadi solusi bukan masalah.
3. Katakan apa yang kamu inginkan, bukan yang tidak kamu inginkan
Jika sedang berkomunikasi dengan seseorang maka katakanlah apa yang hendak kamu sampaikan pada komunikan, janganlah berbohong padanya, tapi jangan menyampaikanny dengan kata-kata yang kurang pantas didengar bila hal tersebut memiliki unsur kritikan atau hal yang dapat menyinggung komunikan.
4. Bagikan informasi bukan argumen
dalam sebuah komunikasi yang harus dilakukan oleh seorang komunikator yaitu menyampaikan pesan yang dimilikinya untuk diketahui oleh komunikan. pesan yang disampaikan tersebut seharusnya berupa informasi buakanlah argumen. karena kadang-kadang dengan kita beragumen informasi yang akan komunikator sampaikan itu memiliki arti atau presepsi yang berbeda dengan apa yang ditangkap oleh komunikan oleh karena itu sebaiknya hindari kalimat yang mengandung argumen..
5. Sikap Anda menentukan kesan lawan bicara Anda.
Gunakan sikap santai tetapi tetap berkonsentrasi pada pembicaraan. Ada beberapa gaya khas, 
6. Tempo bicara juga menentukan.
Jangan berbicara terlalu lambat. Ungkapkan dengan optimis dan pede dengan kecepatan normal.

9. sebutkan dan jelaskan tata krama komunikasi sinkron


-bertutur kata yg baik
-sopan
-santun
-tidak sembarang kata

10. Dalam komunikasi daring sinkron, ada beberapa tata Krama antara lain


Tata Krama Komunikasi Sinkron

1. Obrolan teks

Merupakan sebuah komunikasi yang menggunakan tulisan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang melalui aplikasi. Komunikasi sinkron menggunakan Text Chat bukanlah sebuah komunikasi yang efektif karena tidak menampilkan emosi dan ekspresi pengirim pesan text tersebut.

2. Obrolan video

Merupakan teknologi komunikasi yang menampilkan audio dan video secara langsung antara pengguna yang ingin berkomunikasi di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Video chat sering juga disebut sebagai Video Call atau panggilan video.

3. Jangan membicarakan keburukan orang lain

Sewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas. Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.

4. Jika batuk tutuplah mulut

Ketika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk, berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang disekitar.

5. Menggunakan kata – kata yang sopan

Penggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.

6. Jangan memaksakan

Setiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.

iklan

7. Dengarkan dengan baik

Ketika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan didengarkan keluh kesahnya.

8. Jangan berbicara terlalu cepat

Dalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu cepat.

9. Jaga sikap dan perilaku

Jika berkomunikasi melalui daring sinkron, sikap dan perilaku mungkin tidak akan terlahu kelihatan secara jelas. Tapi jika komunikasi dilakukan secara langsung baik pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, hingga komunikasi antar budaya sikap dan perilaku haruslah dijaga karena sikap dan perilaku adalah cerimanan kepribadian seseorang. Janganlah melakukan hal-hal seperti memejamkan mata terlalu lama, menggaruk hidung atau menggigit bibir karena akan menimbulkan kesan yang tidak baik.

10. Berikan solusi ketika ada masalah

Pada saat komunikasi dilakukan ketika ada sebuah masalah, maka cobalah untuk memikirkan solusi dari masalah tersebut dan mengutarakannya. Memberikan solusi adalah komunikasi yang terbaik dibandingkan hanya sekedar bertanya dan memberikan argumentasi pandangan. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa anda seorang penengah dan pemecah masalah yang baik.

11. Katakan dengan jujur, jangan bicara

Jika komunikasi dilakukan karena memiliki sebuah keinginan dan ingin dikomunikasikan dengan lawan bicara, maka berbicaralah secara jujur, meminta dengan lembut, tidak memaksa dan berikan alasan kenapa menginginkan dan membicarakan hal tersebut serta berikan pemahaman dengan baik dan benar dengan tidak bertele-tele.

12. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapi

Jika berkomunikasi menggunakan jaringan internet atau daring sinkron, maka sebaiknya untuk tidak menulis seluruh huruf pada kata-kata atau kalimat yang ingin disampaikan dengan huruf kapital. Penulisan huruf pada kalimat menggunakan kapital dapat diartikan bahwa yang mengirim pesan tersebut sedang marah atau berteriak. Selain itu, jangan gunakan jenis font ketikan yang aneh aneh. (Baca Juga : Fungsi Komunikasi Non Verbal)


11. contoh dari tata krama komunikasi sinkron adalah sebagai berikut,kecuali


1.bahasa
2.etika


kecuali gerak gerik

maaf klo salah

12. tuliskan 3 tata krama dalam berkomunikasi online secara sinkron


a)    Gunakanlah nama asli dan lokasi Anda. Dalam video conference, kita akan 1. 1, Diminta untuk memasukan nama pengguna dengan menggunakan nama asli dan lokasi Anda ( Andre_padang ). Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara.
2.  Sebelum dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda.
3. Jika Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara disekita Anda menggangu jalannya konferensi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon Anda jika sedang tidak digunakan.
a)    Gunakanlah nama asli dan lokasi Anda. Dalam video conference, kita akan 1. 1, Diminta untuk memasukan nama pengguna dengan menggunakan nama asli dan lokasi Anda ( Andre_padang ). Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara. 
2.  Sebelum dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda. 
3. Jika Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara disekita Anda menggangu jalannya konferensi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon Anda jika sedang tidak digunakan.

13. apa saja contoh tata krama komunikasi sinkron, sebutkan 5 Dan contoh tata krama asinkron, sebutkan 7 ?


Tata Karma Berkomunkasi
1. Hindari kesan memaksa
Ketika kita berkomunikasi dengan seseorang maka sebaiknya hindari kalimat yang mengandung kesan bahwa kita sedang memaksa. seperti contohnya: “Kamu harus…”. sehingga seharusnya kata yang dipakai tersebut yaitu seperti: “Sebaiknya kamu…” atau ”Maukah kamu…”, dengan begitu kata-kata atau pesan yang komunikator sampaikan terhadap komunikan tidak berkesan bahwa dia sedang memaksa komunikan.
2. Fokus kepada solusi bukan masalah
Ketika berkomunikasi mengenai sesuatu yang sifatnya sebuah permasalahan maka fokuskanlah komunikasi tersebut pada hal yang menjadi solusi bukan masalah.
Contoh : Ketika makanan di rumah habis, tidaklah efektif jika kita berkata ”Aduh Lapar banget…” lebih baik kita berkata ”Yuuk, beli makanan di luar…”.
3. Katakan apa yang kamu inginkan, bukan yang tidak kamu inginkan
Jika sedang berkomunikasi dengan seseorang maka katakanlah apa yang hendak kamu sampaikan pada komunikan, janganlah berbohong padanya, tapi jangan menyampaikanny dengan kata-kata yang kurang pantas didengar bila hal tersebut memiliki unsur kritikan atau hal yang dapat menyinggung komunikan.
Contohnya: kamu tidak ingin seseorang menyetir ngebut, lebih baik berkata ”Tolong bawa mobilnya hati-hati” daripada berkata ”Jangan bawa mobilnya terlalu kencang”.
4. Bagikan informasi bukan argumen
dalam sebuah komunikasi yang harus dilakukan oleh seorang komunikator yaitu menyampaikan pesan yang dimilikinya untuk diketahui oleh komunikan. pesan yang disampaikan tersebut seharusnya berupa informasi buakanlah argumen. karena kadang-kadang dengan kita beragumen informasi yang akan komunikator sampaikan itu memiliki arti atau presepsi yang berbeda dengan apa yang ditangkap oleh komunikan oleh karena itu sebaiknya hindari kalimat yang mengandung argumen.
Contohnya: kalimat, ”Tidak, kamu salah…” yang lebih baik diganti dengan ”Saya ingin sepeti ini…”.
5. Sikap Anda menentukan kesan lawan bicara Anda.
Gunakan sikap santai tetapi tetap berkonsentrasi pada pembicaraan. Ada beberapa gaya khas, misalnya duduk menaruh kedua tangan diatas meja dan bicara, melipat tangan, memegang buku, sesekali menopang dagu, dll. Anda bisa mempelajari berbagai gaya ini dengan melihat orang lain dan menirunya.
6. Tempo bicara juga menentukan.
Jangan berbicara terlalu lambat. Ungkapkan dengan optimis dan pede dengan kecepatan normal. Hindari menggumam dalam mengatakan sesuatu.

14. etiket tata krama komunikasi daring sinkron


1. Gunakan nama asli dan lokasi anda
2. Sbelum dimulai, cek perlengkapan audio anda dan pastikan semua peserta mendengar suara anda
3. Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yg tenang dan jngan smpai ad suara d skitar yg dpat mengganggu konferensi . dan matikan mikrofon jika tdak sdang di gunakan
4. Saat anda d prsilahkan untuk berbicara, truslah brbicara, jngan brhenti dg menanyakan suatu pertanyaan seperti "terdengar tidak" . Jika trdapat msalah, pserta akan menginformasikan
5. Fokus pd diskusi ketika sedang melakukan video conference

15. sebutkan tata krama dalam komunikasi daring sinkron


a)    Gunakanlah nama asli dan lokasi Anda. Dalam video conference, kita akan 1. 1, Diminta untuk memasukan nama pengguna dengan menggunakan nama asli dan lokasi Anda ( Nia_Medan ). Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara. 
2.  Sebelum dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda. 
3. Jika Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara disekita Anda menggangu jalannya konferensi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon Anda jika sedang tidak digunakan. 
4. Saat Anda dipersilahkan berbicara, teruslah berbicara. Jangan berhenti untuk bertanya seperti “ Kedengaran tidak?” atau semacamnya. Jika tidak terdapat masalah tekniks, peserta lain akan menginformasikannya. Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.1. Fokus pada diskusi
misalkan berkomunikasi untuk berdiskusi, usahakan tidak keluar dari topik yang dibahas (tidak out of the topic/ OOT).

2. Jika memakai mikrofon saat berkomunikasi secara sinkron
sebaiknya pilih lokasi yang 'minim suara', sehingga komunikasi tidak terganggu suara lain.

# semoga bermanfaat

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Tata Krama Dalam Komunikasi Sinkron Yaitu"